10 Keutamaan Ilmu Atas Harta

Post a Comment
Satu ketika, Sayyidina Ali KR didatangi oleh sepuluh orang secara beruntun. Mereka bermaksud menjajal keilmuan Abu Hasan  dengan mengajukan satu pertanyaan sama. Lebih utama mana ilmu dengan harta ?
Sahabat Ali KR pun dengan sigap menjawabi setiap orang tadi dengan memberi sepuluh jawaban berbeda.
  1.  Ilmu lebih utama dari harta. Sebab ilmu adalah pusaka para Nabi, sedangkan harta adalah warisah Qarun, Fir’aun dan lainnya.
  2. Ilmu lebih utama dari harta, sebab ilmu dapat menjaga kamu, sedangkan harta, maka kamulah yang menjaganya.
  3. Ilmu lebih utama dari harta, sebab orang yang kaya harta banyak musuhnya, sedangkan orang yang kaya ilmu banyak sahabatnya.
  4. Ilmu lebih utama dari harta, sebab harta kalau dibelanjakan menjadi berkurang, sedangkan ilmu kalau diberikan malah bertambah.
  5. Ilmu lebih utama dari harta sebab orang yang banyak harta dipanggil dengan sebutan bakhil, sedaangkan orang yang banyak ilmunya disebut agung.
  6. Ilmu lebih utama dari harta. Sebab ilmu tidak perlu penjagaan dari pencuri, sedangkan harta harus dijaga dari pencuri.
  7. Ilmu lebih utama dari harta. Sebab pada hari kiamat orang yang banyak harta pasti akan dihisab, sedangkan orang yang berilmu dapat memberikan syafa’at pada hari kiamat.
  8. Ilmu lebih utama dari harta, sebab lamanya pengganguran melewatkan harta dapat rusak dan habis, sedangkan ilmu tidak akan rusak dan tidak akan habis.
  9. Ilmu lebih utama dari harta, sebab harta dapat menjadikan kerasnya perasaan, sedangkan ilmu dapat menerangi hati.
  10. Ilmu lebih utama dari harta. Sebab orang yang memiliki harta sering mengakui sifat ketuhanan, sedangkan orang yang berilmu mengaku sebagai hamba.
Disarikan dari Mau’idizul ‘Usfuriyah
ainuxs
catatan2 yang mungkin bermanfaat suatu hari nanti....

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter