Kiat Kiat Menjadi orang Pintar

Post a Comment

menjadi orang pintar adalah prasarat utama seorang pemain sukses di era Globalisasi dan modernisasi ini. untuk menuju kesana ada beberapa kiat yang harus dilakukan :

Tanamkan Tradisi Membaca


"bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan.dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah, dan tuhanmu-lah yang maha pemurah, yang mengajar ( manusia ) dengan perantaraan kalam, dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya" QS. al-Alaq 1-5.


orang-orang besar adalah mereka yang menengelamkan diri pada dunia baca, membaca menjadi media melakukan refleksi mendalam terhadap teks dan konteks ( realita ).

Berdiskusi


orang yang gemar diskusi akan mendapat kekayaan keilmuwan yang dahsyat dengan diskusi dia juga dapat menganalisa kemampuan riilnya karena dalam diskusi akan terlihat kelemahan dan kelebihan seseorang secara obyektif.


"berdiskusi selama satu jam lebih baik daripada belajar satu bulan"


selalu berdiskusilah dalam menghadapi segala permasalahan yg ada agar mendapatkan jalan yg terbaik yang harus diambil.


Menulis


menulis adalah alat komunikasi, berbeda dgn bicara menulis mempunyai sifat keabadian, apa yg ditulis akan abadi. 

Ungkapan kata-kata zaenal arifin thoha :


dengan menulis aku ada

dengan menulis aku hidup
dengan menulis aku membaca
dengan menulis aku dibaca
dengan menulis aku mengetahui
dengan menulis aku diketahui
dengan menulis aku mengerti
dengan menulis aku dimengerti
dengan menulis aku ............


Meneliti


menyelidiki hal-hal yang tdk dilakukan kebanyakan orang, dengan meneliti akan menemukan banyak hal yg belum terfikirkan sebelumnya, mengasah ide kreatif.

Studi Banding


kemajuan yg diperoleh biasanya dari pengalaman banyak orang dan masing-masing mempunyai keunikan tersendiri, kita hanya mengembangkan dari yang pernah ada sebelumnya atau memodifikasi ide yang telah ada dan terbukti kebenaranya.


Ciptakan Persaingan


dengan adanya persaingan akan mendorong seseorang untuk selalu terus maju mengembangkan potensi diri dan juga akan menimbulkan hal kreatif, pikiran selalu berkembang dan selalu berusaha memaksimalkan apa yang ada dalam diri kita.


marilah kita belajar menjadi orang pintar yang benar.......


semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua

ainuxs
catatan2 yang mungkin bermanfaat suatu hari nanti....

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter